Senin, 10 September 2012

Fast Track oh Fast Track

Pagi ini, Beberapa temen-temen fast track Perancis berangkat ke Thailand. Ya, tidak ke perancis, namun ada hadiah yang lebih khusus buat mereka, ke Thailand. setelah melalui serangkain tes, mereka kurang beruntung hanya di tes bahasa perancis, hanya tes bahasa. Dari 54 mahasiswa fast track perancis, hanya sekitar 14 orang yang lulus tes B2 untuk bahasa perancis, sebagai sarat wajib kuliah disana. Sisanya, diberi pilihan melanjutkan ke ITS atau pergi ke Thailand untuk menyelesaikan S2 mereka.

Dan nantinya, untuk S3 mereka bisa memilih di Taiwan, Jerman, Korea, tetap Thailand, di Indonesia atau bahkan meraka boleh ke Perancis , dengan sarat, mereka boleh melilih dimanapun asalkan mereka diterima disana. Syarat bahasa terpenuhi dan mendapat LOA, LOA itu semacam surat pernyataan diterima di kampus tujuan dan surat pernyataan kesediaan salah satu professor untuk membimbing kita di kampus tersebut.

Oya, sarat untuk ke Thailand juga gak mudah lho, TOEFL nya minimal 500. Ya sedikit berbeda dengan jerman, sarat TOEFL minimal 550. Ada satu temen dekat  saya yang ke Thailand, namanya mas Faishal Muhfid Al A shari, mahasiswa sistem Informasi ITS, ketika saya jadi Sekjend JMMI, beliau adalah Kadept Media, beliau juga Ketua LDJ SI tahun 2010/2011.

Rencananya, mas Fasishal dan 15 orang lainnya akan berangkat kuliah Asian Institut Technology, Thailand. Salah satu kampus terbaik di Asia, tahu Djoko Suyanto, Dirjen Dikti Indonesia yang juga mantan rector ITB alumni sana lho. Keren kan? Mereka juga akan mendapat uang hidup perbulan 600 dolar amerika atau kalau di rupiahkan 6juta kurang dikit, padahal biaya hidup disana katanya lebih murah dari Indonesia, sekitar 200 dolar USA per bulan. Juga mendapat tempat tinggal gratis plus SPP semuanya gratis. Mantep dah, selamat buat kalian ber16.

Ada salah satu temen satu fakultas saya yang ke Thailand, anak siskal, namanya lupa, hehe.. saya belum kenal ia. Ia ngambil bidang manajemen kelautan, bathin ya, ‘’ Ni gue banget”, kalau yang berhubungan dengan manajemen saya suka banget, apalagi manajemen kelautan.
Jadidah saya tidak bersyukur, akhirnya saya bilang. “Enak ya’’, plus bathin “wah dah dapat uang 6 juta, pasti sisa 4 juta perbulan kali 18 bulan selama mereka disana,, wah 72 juta… banyak, belum lagi bisa ngasah bahasa inggris, bisa nambah link, udah ke luar negeri, ketemu orang2 baru, nanti S3 juga masih bisa milih, hmhm .. seandenya’’. Akhirnya munculah seandenya saya kemerin saya fast track perancis  dan saya lulus ontime, seandenya kemerin tidak males, seandenya dan seandenya…

Padahal saya udah sering ndenger hadist yang meyebutkan larangan dan akibat mengandai-andai. alhamdulilah, Teman diskusi saya ketika itu, Alyuan, mahasiswa siskal yang minggu depan berangkat ke Perancis bilang. “Disyukuri saja,’’ Simpel, langsung ngena di hati. Astaghfirullah.. Alhamdulillah..

Ya memang, diri ini harus banyak bersyukur. Allah swt pasti tahu yang saya butuhkan. Kenapa Allah swt memilihkan fast tarck jerman ke saya, ya Allah swt kan maha tahu masa depan, karena tahu saya nanti tidak bisa lulus ontime, sehingga saya dipilihkan fast track jerman, supaya lulus S1 dulu, dan supaya tetep bisa kuliah di luar negeri. Kalau seandenya saya fast track perancis, malah jadi gak karu-karuan, karena Allah swt maha tahu yang dibutuhkan hambanya ini, ampuni aku ya Allah karena tidak bersyukur. Astagfirullah..

Alhamdulillah, insyaAllah, saya akan berikan yang terbaik mulai detik ini. Saya yakin rencana Allah swt pasti lebih indah buat saya, Allah swt kan sayang pada saya. Terimakasih Allah, terimakasih. Alhamdulilah.

Selamat kepada temen2 yang berangkat ke Thailad hari ini
Selamat kepada temen2 yang berangkat ke Perancis minggu depan
Dan selamat kepada temen2 dan saya juga, insyaAllah yang akan berangkat ke Jerman November 2013 tahun depan.
Ingat rek, Rencana Allah swt pasti lebih indah,
Jangan lupa sholat ya rek kalau udah di luar..

 gambar diambil dari http://farm4.staticflickr.com

1 komentar:

  1. assalamualaikum wr wb
    mas, saya puspa devita dari FTK ITS. saya baru selesai semester 2 sih mas. tapi saya pengen banget ikut program fastrack. gimana ya mas kiat2 yang harus saya jalani dari semester awal ? saya pengen banget sekolah di luar negeri mas. mohon bantuannya ya mas :) terima kasih :)
    wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus