Kamis, 26 Mei 2011

Dibalik FSLDJ


Jujur, jiwa masih terikat, pikiran masih membayangi dan tubuh serasa ingin bergerak ketika mendengar kata “FSLDJ” (Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Jurusan). Hampir satu setengah bulan sudah, FSLDJ diam, kini saatnya beraksi lagi.

Bismillah… FSLDJ kedepan insyaAllah alebih baik dengan kita semua.

Waktu itu sekitar pertengahan tahun 2009, setelah sholat asar, kami (ketua LDJ se-ITS periode 2009/2010) bertemu di Barat Utara Lantai 2 Masjid manarul Ilmi. Saya masih ingat, mas Hanif, teknik Material 2006 yang saat itu menjadi kepala depertemen Humas JMMI memimpin rapat pertama LDJ se-ITS plus JMMI. Agendanyapun hanya bertemu dengan TPKI yang waktu itu diisi oleh Pak Triwikantoro , untuk menjelaskan status LDJ dan tata cara persetujuan proposal.

Waktupun berlalu, hampir dua bulan setelah itu tidak ada kelanjutan lagi mengenai forum ketua LDJ se-ITS. Namun, setelah  ada beberapa orang yang berusaha munculkan isu LDJ lagi. Mulai dengan tulisan melalui majalah sampai diskusi-diskusi kecil. Akhirnya muncullah forum ketua LDJ, dan saat itu bahasan pertama langsung mengenai FSLDJ, memang sebenarnya FSLDJ ini sudah ada sejak tahun 2000an awal, namun kita merasa tidak pernah ada karena tidak ada bukti otentik, dan hanya dengar dari mulut ke mulut saja.

Akhirnya, setelah melalui perjuangan panjang. FSLDJ terbentuk secara de facto dan  menjadi satu-satunya forum Lembaga dakwah di ITS yang legal. Hasilnya pun sudah bisa dilihat, memang belum maksimal, namun untuk awalan kita kira sudah lebih dari cukup.

Sekarang, saatnya meneruskan estafet. Namun sebelum lari kencang, alangkah baiknya kita tahu mau kita bawa kemana tongkat estafet ini. 

Inilah kawan,  Mimpi Kita Bersama
Untuk LDJ, LDDOP dan JMMI yang Sinergi dan saling mengAkselerasi
Bismillah..

Mensinergiskan gerak Lembaga Dakwah ITS, Inilah tujuan basic kita. Sinergi dalam hal apa? “semuanya”, semua yang bisa disinergikan untuk kejayaan dakwah di ITS. Dan kepengurusan ini, kita akan focus pada pengawalan dan pelaksanaan hasil kesepakatan Muktamar Dakwah Kampus ITS.

Membukukan dan Mempublikasikan Hasil MDK ITS

                Inilah hal pertama yang akan dilakukan FSLDJ. Hasil mukamar kemarin sudah siap untuk dibukukan. Kita tinggal menunggu pendanaan dan buku siap diterbitkan, harapannya nanti, untuk memeperbanyak buku panduan bisa dilakukan bersama-sama melalui kerjasama antara LDJ, LDDOP dan JMMI. 

Selain itu, setelah pembukukan, ada hal yang lebih juga penting yang harus kita lakukan. Yakni Kita pahami bersama isi buku panduan tersebut supaya satu presepsi dan kemudian kita tularkan pemahaman tersebut kepada seluruh Aktivis dakwah kampus (ADK) ITS.

                Banyak cara yang bisa dilakukan, seperti bisa dengan diskusi-diskusi kecil atau memasang poin inti dari buku panduan tersebut di media dakwah di lembaga masing-masing, bisa melalui mading, website maupun bulletin atau majalah.

Melakukan Evaluasi berkala setiap satu bulan sekali mengenai pelaksanaan MDK ITS

                Evalusi merupakan poin penting untuk terus menuju perubahan yang lebih baik. Evaluasi ini dapat dilakukan ketika forum pimpinan ketua LDJ se-ITS nantinya. Namun, yang perlu kita pahami, evaluasi tidah harus menunggu forum pimpinan. Ketika ada insan ADK yang merasa tidak sesuai bisa mengusulkan evalusi terhadap pelaksanaan MDK.

Dengan cara menyampaikan ke ketum di lembaga masing-masing atau menyampaikan langsung ke kooordinator FSLDJ wilayah atau tim FSLDJ pusat. Intinya, setiap kecil peran kita disini sangat mempengeruhi kelangsungan kesepakatan bersama ini.

Menyelenggarakan Forum Pimpinan Lembaga Dakwah ITS secara rutin

                Sadar atau tidak, forum pimpinan inilah yang menjadi ruh FSLDJ. FSLDJ tidak akan pernah ada tanpa forum pimpinan ini. Kedepan forum ini bukan hanya sekedar ajang ketemu pimpinan biasa, namun yang lebih penting pengerat ukhuwah antar leader dakwah dan nantinya forum inilah yang membakar semangat para ujung tombak dakwah di ITS.

                Tantangan FSLDJ kedepan adalah membuat semua orang terutama ADK ITS dan para leader dakwah di ITS merasa memiliki FSLDJ. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, yakni dengan pembagian peran dan pendistribusian beban yang berkesinambungan.

                Selain itu, selain menyelenggarakan forum ketua LD se–ITS, FSLDJ juga dituntut untuk menyelenggarakan forum kadept kaderisasi se-ITS da forum Kadept Syiar se-ITS, dan dengan koordinasi dengan Kadetp KD dan Syiar JMMI.
               
Mengadakan forum pendampingan untuk LD ITS

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa sebenarnya lembaga dakwah di ITS memang seperti itu kondisnya. Pendampingan secara intens merupakan cara efektif untuk memakselerasi Lembaga dakwah di ITS.

Namun, kalau boleh jujur, Jika hal itu hanya dibebankan ke JMMI saja hasilnya tidak akan maksimal. Butuh kerjasama kita semua. Kedepan, pendampingan sebaya merupakan langkah yang akan kita lakukan. Nanti akan ada LDJ/LDDOP yang mempunyai LDJ dampingan. jadi ada LDJ yang disunnah muakadkan untuk mendampingi LDJ yang perlu dipampingin, dan JMMI juga tidak boleh lepas tangan begitu saja, harus terus ada koordinasi instens.

Selain itu FSLDJ nanti juga akan mengadakan PMLDJ, harapannya PMLDJ diadakan awal semester ganjil nanti, dimana semua LDJ/ LDDOP sudah melakukan regenerasi. Dan sebagai upaya membekali para pimpinan di tiap lembaga dakwah kunci ini.

Melakukan pendataan LD ITS
                Inilah yang paling lemah pada kita, “data”. Kedepan, pendataan akan dilakukan terpusat oleh FSLDJ. Minimal yang wajib ada adalah data pengurus, pgogram kerja, Pembina dan data-data inti lainnya. Selain itu, kedepan LDJ/LDDOP akan di SK kan (surat keputusan) oleh TPKI, SK ini akan berguna untuk kelegalan lembaga dan untuk SKEM pengurus.
Tidak hanya itu, dari data ini kita akan tahu perkembangan dan dimana kondisi lembaga . Karena nanti aka nada laporan perkembangan catur wulanan dari masing-masing lembaga dakwah.
               
Melaksanakan Fungsi koordinasi dan Publikasi Terpusat LD ITS

                Fungsi koordinasi, ketika di JMMI ada acara besar kemudian di FORSIS juga ada acara besar diwaktu yang sama, inilah yang coba kita hindari nanti, criteria acara besar nanti bisa disepakati bersama.

                Selain itu, banyak LDJ/LDDOP yang mempunyai majalah/ zine , namun pembagian dan penyebarnya kurang maksimal. Kedepan akan dilakukan jadwal pembagian/penerbitan majalah dan bulletin lembaga dakwah yang ada di ITS. Sehingga semua zine bisa optimal.

                Itulah sedikit gambaran tentang FSLDJ tahun yang akan datang, banyak yang harus dilakukan, banyak yang harus diperbaiki. Bismillah.. hanya dengan kita bersama-sama semua tantangan tersebut bisa kita lewati.

FSLDJ 1112, FSLDJ Juara.
                es_panas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar