Senin, 01 Oktober 2018

Pena NCKU Taiwan-6 (Application Fee, Application Submission, Recommender Information, Data Audit dan Admission Status)

Application Fee

Biaya pendaftaran NCKU 1600 NT atau sekitar Rp. 780.000. Saya pernah bertanya kepada Dr Jaelani, Dosen Geomatika ITS, kenapa NCKU menari tarif pembayaran bukannya mereka menawarkan beasiswa. "Tetap bayar. 3 tahun lalu kami diskusikan, ada biaya agar serius," kata Pak Jae.

Pembayaran bisa dilakukan dengan dua car yakni, kartu kredit dan dibayar melalui bank. Saran saya jika tidak mempunyai kartu kredit, coba kontak teman anda yang sudah di NCKU untuk membayarkan lewat bank di NCKU. Ada beberapa kasus pengalaman teman yang transfer bank dari Indonesia, setelah dicek di NCKU tidak masuk. Selai itu, biayanya juga mahal fall 2018 kemarin teman se kamar saya kena 1.3 juta rupiah.

Jika sudah membayar, maka tampilan akan seperti di bawah ini:



Application Submission

Ada beberapa berkas yang harus di upload seperti gambar di bawah ini:




1. Ijazah asli dan ijazah yang sudah di translate dalam bahasa inggris. Dijadikan satu file pdf kemudian di upload. Ijazah yang di upload adalah ijazah terakhir kuliah.

2. Declaration form, silahkan di download, diprint, ditanda tangai, scan dalam pdf dan kemudian di upload.

3 Transkirp asli dan yang sudah di translate dalam bahasa inggris. Namun ada beberapa kampus seperti ITS, transkrip sudah bilingual, jadi tidak perlu di translate lagi.

4. Dua surat rekmendasi seperti ada tulisan sebelumnya.

5. Study plan, rencana kita kuliah nanti bagaimana dan untuk S3 kalau ada proposal research. Untuk referensi silahkan gooling.

6. Authobigraphy, seperti CV yang biasa kita buat.

7. Financial Statament, untuk S2 tidak perlu. Namun untuk S3 dulu saya harus ada. Jika mempunyai uang banyak di Bank, kita bisa meminta bank untuk membuatkannya dan bayar Rp 100 ribu, namun tergantung banknya. Jika tidak, kita bisa meminta tempat kerja kita membuatkan.

8. Additional requirements and documents by departments/ institutes, Jika mempunyai setifikat-sertifikat silahkan diupload atau permintaan khusus dari jurusan di NCKU.

9.Pasport, silahkan di opload foto bagian depan pasport

10. Academic thesis or relevant publications(for Ph.D. program applicants), ini hanya untuk S3, silahkan di upload Tesis S2 atau paper yang pernah kita buat.

11. Remittance Receipt, jika Kita membayar melalui Bank, silahkan bukti pembayaran di upload.

Recommender Information

Kita bisa memantau apakah pemberi rekomendasi kita sudah upload atau belum di kolom ini. Jika kita merasa tidak yakin, kita bisa menganti pemberi rekomendasi buat kita. Bahkan kita bisa mengingatkan mereka jika dirasa waktu deadline sudah dekat.


Data Audit

Kita bisa mengecek kelengkapan aplikasi kita disini, jika lengkap akan ada informasi Qualified.


Admission Status

Setelah satu bulan, akan ada pengumuman diterima atau tidak melalui email dan web, termasuk kita mendapat beasiswa atau tidak.  Kita juga bisa mendownload LoA di web. Sedangkan untuk LoA asli akan dikirim secara post ke alamat yang kita tulis.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar