Senin, 11 Juli 2011

Dakwah Profesi




 
            Apa itu islam, islam tidak hanya ritual belaka dan islam adalah sistem kehidupan yang lengkap. Ciri-ciri dan karekteristik islam adalah bersumber dari Allah SWT, menyeluruh, manusiawi, permanent, keseimbangan (Tawazhun), realism serta sikap positif (Ijabiyah).

            Pembangunan nasional adalah transformas Indonesia hari ini untuk Indonesia hari Esok. Dan hakekat dakwah adalah mentransfer masyarakat saat ini ke masyarakat yang islami. Sedangkan Dakwah Profesi adalah dakwah pasca kampus, setelah mahasiswa lepas dari dunia kampus.

            Misi dakwah sendiri adalah keutamaan dan membuktikan bahwa islam itu solusi dari permasalahan yang terjadi saat ini. Ada beberapa modal awal dakwah profesi yakni meliputi wilayah private sector, public sector dan sector ketiga dan untuk ksemua sector itu diperlukan SDM-SDM yang strategis. Dan yang utama dari kita adalah mengenal diri sendiri terlebih dulu.

            Untuk mencapai misi itu semua dilakukan grand strategi dakwah melalui  strategi mobilitas dakwah vertical da horizontal. Strategi mobilitas vertical adalah penyebaran kader dalam kebijakan-kebijakan public. Sedangkan strategi dakwah horizontal adalah kader terjun ke kalangan masyarakat dan menyiapakan masyarakat supaya menerima manhaj islam.

            Kuncinya tidak separo-separo, istirahat sejenak ketika lelah dan totalitas perjuangan. Untuk mencetak kader pada strategi mobilitas vertical adalah dengan membengun kredibelitas professional , bisa melalui core competence, management atau pada strategic thinking. Kemudian kredibelitas moral dan sosial.

            Selanjutnya, membanguan jaringan dengan menggunakan kredibelitas personal dan memanfaatkan jalur politis atau lobi-lobi. Dan yang utama bagi setiap insan adalah menggunakan huruf T untuk perumpamaan sebuah keahlian potensi atau kapasitas kader, ia berwawasan luas dan banyak ilmi, namun ia mempunya satu keahliah khusu atau bidang tertensu yang ia sangat ekspert. 

Kajian Islam Kontemporer by Ustad Aries Sulistyono PhD @ 11 Juni 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar