Selasa, 17 April 2012

Beruntung, Mau???


“Beruntung” , siapa sih yang ngak mau. Pasti semua orang ingin. Dan ternyata kawan, keberuntungan bisa diciptakan, itulah yang dapat saya simpulkan setelah mengikuti acara keislaman di kampus tercinta ini waktu lalu, walaupun yang datang tidak sebanyak penonton konser Ungu . Tapi luar biasa acaranya, dalam beberapa jam saja  Kita (saya dan peserta lain ) diajari cara menghafal nomer surat, nama dan arti tiap surat dan yang paling penting adalah mengerti dengan cepat dan mudah  kandungan atau pesan penting tiap surah dalam Al quran.

Sang ustad dalam acara tersebut membagi 114 surah dalam  Al Quran kedalam 12 kelompok, pembagiannya berdasarkan tema yang sesuai dan disampaikan dalam bentuk cerita. Saking enaknya cara menyampaikannya, sampai-sampai waktu dua jam seperti 20 menit atau kmalah kurang. Nah… Salah satu tema dalam kelompok tersebut mengenai sebab-sebab orang beruntung, dan inilah yang akan saya coba share dengan pembaca setia ultras kali ini.

Ada tujuh sebab yang membuat orang beruntung, dan ini juga yang memjadi pesan utama tujuh surah awal dalam Al quran.

Yang pertama dalam surat Al Fatihah (Pembukaan), inti dari surat ini ada pada ayat satu yaitu bacaan Basmallah.  Setiap memulai kegiatan, seyogyanya kita umat muslim harus membaca basmallah ini. Basmallah, tidak hanya berarti mengucapkan kata-kata, ada banyak makna dalam kalimat Basmallah kawan. Salah satunya, Ketika membaca Basmallah berarti kita meniatkan semua hal yang akan kita lakukan hanya untuk mencari Ridho Allah, IKHLAS melakukan semuanya untuk mencari RidhoNya.

Menurut ustad dalam acara tersebut, ikhlas itu ada tiga syarat yaitu melaksanakan perintah, sesuai syariat atau aturan dan yang ketiga mencari ridho Allah. Jadi poin penting yang pertama adalah ikhlas.

Kedua terdapat dalam pesan penting surat Al Baqarah (Sapi betina), dalam surat ini menceritakan perintah Allah kepada Kaum Bani Israil untuk menyembelih sapi betina, berawal dari sebuah kisah seorang pemuda yang mendapatkan warisan yang sangat banyak dari orang tuanya, kemudian pemuda tersebut dibunuh sepupunya karena ingin menguasai harta pemuda tersebut. 

Nah.. untuk mengungkap pelaku pembunuh pemuda tersebut, maka Allah dengan perantara nabi Musa memerintahkan menyembelih sapi betina tersebut. Kemudian lidah sapi yang disembelih tersebut dipukulkan ke mayat si korban, dan dengan izin Allah, mayat tersebut hidup kembali dan menceritakan siapa yang membunuh dirinya.

Jadi intinya adalah supaya beruntung kita harus mencintai Allah melebihi yang lainnya, kita tidak boleh menduakan Allah.

Yang ketiga terdapat pada  surah Ali Imran, dalam surah tersebut menceritakan tentang keluarga Ali imran, keluarga yang mendapat rahmat dari Allah. Keluarga yang dicintai Allah karena taat beribadah dan memiliki akhlah yang mulia. Dan inilah pesan penting ketiga supaya Kita beruntung, keluarga yang taat beribadah dan berakhlak mulia.

Keempat terdapat dalam surat An Nisa( Wanita), ada tiga criteria wanita Wanita sholihah yang diungkapkan Ustad dalam acara tersebut, yaitu taat kepada Allah, memelihara diri ketika suami pergi atau kalau belum bersuami menjaga dirinnya dari berbagai fitnah dan maksiat dan yang ketiga adalah menutub aurat. Dan wanita Shalihah inilah poin keempat yang membuat Kita beruntung.

Nomer limo terdapat pada surat Al maidah (Hidangan). Pemasukan dan pengeluaran, dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Demikian juga tentang rizki, kalau rizki atau lebih spesifik makanan, ibarat pemasukan maka energy dan semua aktivitas yang dihasilkan karena punya energy tersebut adalah outputnya. Kalau rizki saja sudah tidah halal, maka energy yang dihasilkan menjadi tidak barakah. Dan poinnya adalah orang beruntung Memilih makanan(rizki) yang halal baik dari memperoleh, jenis makanan dan pengolahannya dan memilih makanan yang bergizi.

Yang keenem supaya kita bruntung adalah berusaha, doa saja tanpa usaha sama dengan nol. Bekerjamencari rizki Allah wajib rek… dan ini poin yang ke enam yaitu bekerja yang terdapat dalm surat Al An am ( Binatang ternak).

Dan yang terakhir adalah amal sholeh. Meningkatkan amal sholeh untuk menuju tempat tertinggi, tujuan dari kita semua. Dan ini tertuang dalm surat Al A Raf ( Tempat tertinggi).

Itulah tujuh poin yang saya dapat dari acara tersebut kawan… Dan yang tidak termasuk dalam poin tersebut bukannya tidak penting, semuanya penting. Tetapi Kita mencoba mempermudah pemahaman dengan menggolongkan sesuai tema dan diambil beberapa poin dari tiap surah.

Semoga bermanfaat kawan, beruntung bukanlah segalanya. Yang penting kita sudah berusaha dan berdoa, atau bahasa kerennya ikhtiar dan Tawakal. Apapun hasilnya Kita serahkan kepada Allah, Allah lebih tahu apa yang baik untuk kita kawan…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar