Selasa, 20 Desember 2011

Trainer, Mentor dan Coach


Jika seorang trainer maka yang dijual adalah skill, ia memampukan seseorang dan diri sendiri. Ia bisa berenang dan melatih orang untuk renang, dan yang mejadi tolak ukurnya adalah yang dilatih mampu melakukan seperti yang dilakukan trainer. Seorang trainer mempercontohkan dan peserta memperhatikan.

Coach mendampingi sampai tempat tertentu dan seorang coach dituntut untuk intensif memdampingi dan membimbing si pesertanya. Sedangkan mentor, syarat yang harus dimiliki adalah ia memiliki lebih pengalaman. Dan yang penting dari ketiganya adalah niat ikhlas hanya untuk mencari ridho Allah SWT.

Komunikasi

Dari ketiga peran tersebut hal yang utama dilakukan adalah komunikasi. Banyak dari kita yangbermaksud baik , namun diterimanya tidak seperti harapan. Dan biasanya masalah utama penyebab hal ini ada di komunikasi. Gunakan kata-kata yang pas ketika berkomunikasi dan bingkai tujuan kita semenarik dan sejelas mungkin.

Komunikasi inti dan kunci dari berbagai jenis komunikasi adalah komunikasi dengan diri sendiri, komunikasi pribadi.  Dan salah satu tips untuk komunikasi adalah analogikan ide utama kita dengan yang paling dekat dengan ia, si objek kumunikasi kita.

Ada tiga unsur utama dalam sebuah komunikasi yakni kata, kata yang sama dapat diucapkan dengan beda. Suara, ini berhubungan dengan intonasi dan volume suara serta yang terakhir adalah bahasa tubuh, gunakan secara proporsional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar