Rabu, 28 Desember 2011

Public Speaking for Leader


Secara rata-rata, ada beberapa hal yang ditakuti seseorang yakni anjing, ketika sendiri, takut terbang, takut kematian, takut masalah, takut serigala, takut ketinggian dan yang sering dijumpai para pemimpin awal-awal adalah takut berbicara di depan.

Ada beberapa  poin yang harus dilihat dan diperhatikan dari seorang public speaking. Yakni,  kemempuan daya serap peserta. Dua sampai 3 menit pertama peserta memiliki konsentrasi penuh. 7 menit dari start peserta sangat antusias dan konsentrasi terbaik adalah selama 25 menit pertama. 

Dan usahakan setiap 30 sampai 35 sekali seorang pembicara seharusnya memberi ice breaking. Selain itu, pembicara harus bisa memahami peserta, apakah ia seorang visual, auditory atau bahkan ia seorang kinestatic yang suka bergerak.

Nada atau suara dalam public speaking juga sangat penting, gunakan nada do sampai mi untuk kalangan intelek dan terpelajar, gunakan nada fa sampai la untuk peserta yang rata-rata pemudan dan akan lebih baik menggunakan nada si sampai do untuk anak-anak kecil.

Jika menggunakan slide power point. Gunakan satu slide presentasi untuk satu maksud, satu gambar satu point. Yang penting, analogikan materi sesederhana mungkin sesuai kepahaman peserta. Selamat menjadi pembicara yang bukan hanya bicara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar