Minggu, 18 Desember 2011

Tarbiyah (Pendidikan atau Kaderidasi) dalam Dakwah


Mengapa harus mengikuti tarbiyah, sebenarnya tarbiyah bukan hanya mentoring saja. Kata tarbiyah dalam bahasa Indonesia memiliki arti pendidikan. Selama ini tarbiyah yang kita lakukan idenntik dengan mentoring, namun sebenarnya tarbiyah adalah serangkain proses pembentukan diri, keluarga bahkan suatu masyarakat dan bangsa yang islami

Secara sederhana ada enam tujuan tarbiyah, yakni mengambarkan islam secara jelas. Islam bukan hanya agama ritual dan islam bukan hanya di masjid, islam adalah menyeluruh dan universal.

Kedua, supaya terjadi interaksi antara kita sebagai seorang muslim dengan islam itu sendiri. Setelah mengikuti tarbiyah, harapannya kita aplikaksikan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi perilaku kita di tengah masyarakat. Keimanan adalah visi kita, dan keimanan yang dapat mewarnai masyarakat dan membentuk opini masyarakatlah yang harus dimiliki setiap peserta tarbiyah, yakni dengan akhlak dan tauladan.

Selanjutnya, dengan tarbiyah kita akan melakukan pergerakan. Tarbiyah membuat kita bergerak dan dinamis, dan dari tarbiyahlah diharuskan dihasilkan peserta didik yang harus siap bergerak. Dan pergerakannya pun bukan pergerakan biasa, pergerakan yang terarah dan hanya mencari ridho Allah SWT.

Tujuan tarbiyah selanjutanya adalah mendidik, mendidik bukan hanya member materi. Namun lebih dari itu,  memberikan pengamalam dan penguatan soft skill melalui pengalaman organasasi dan belajar hidup bersama masyarakat melalui program bakti social dan pelayanan umat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar